Selasa, 25 Agustus 2015

RESEP-RESEP BERBAHAN DASAR COKLAT

Brownies Kukus Sederhana

Bahan:

  • 60 ml minyak goreng
  • 30 gr cokelat bubuk
  • 4 butir telur
  • 50 gr tepung terigu protein sedang
  • 125 gr gula pasir
  • ½ sdt garam
  •  ½ sdt baking powder
  • 50 gr kacang tanah cincang oven
  • 50 gr butter cream
  • 5 sdm susu kental manis cokelat   

Bahan tersebut adalah langkah awal untuk mengikuti resep brownies kukus sederhana. Pertama, kocok telur dan gula sampai mengembang. Kemudian, masukkan tepung terigu, cokelat bubuk, garam dan baking powder, lalu aduk rata. Setelah itu, tambahkan susu kental manis cokelat dan juga minyak, aduk perlahan. Langkah yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melapisi loyang ukuran 12 x 24 x 4 cm dengan margarin dan dialasi kertas roti.

Secara perlahan, tuangkan adonan tadi ke dalam loyang yang telah disiapkan. Proses pengukusan dilakukan selama 20 menit di atas api sedang. Setelah matang, olesi kue dengan butter cream, lalu bagian atasnya ditaburi dengan kacang tanah yang telah dicincang. Maka resep brownies kukus sederhana ini telah selesai dilakukan dan kue siap untuk disajikan bersama teh manis hangat, sebagai teman mengobrol atau berkumpul bersama keluarga.

Variasi Resep Brownies Kukus Sederhana

Resep brownis kukus sederhana ini menggunakan cokelat sebagai perasanya. Tapi, bagi anda yang ingin mencoba dan berkreasi dengan rasa baru, dapat menambahkan talas kukus ke dalam adonan. Proses pembuatannya sama saja, yakni tetap memberikan cokelat, tapi sebaiknya talas kukus yang akan dipergunakan, sebelumnya telah dihaluskan atau dihancurkan terlebih dahulu. Sehingga lebih memudahkan saat pencampuran semua bahan.

Variasi lain dalam resep brownies kukus sederhana yaitu dengan menambahkan pasta pandan (dapat dibeli di toko) atau menggunakan tepung ketan hitam (menggunakan santan dan tidak memakai cokelat). Anda dapat memilih variannya sesuai selera. Hiasan di bagian atas kue pun dapat diganti dengan parutan keju, bila anda kurang suka dengan kacang tanah. Menarik sekali bukan? Anda jadi dapat mencoba-coba resep dan menemukan varian rasa yang sesuai dengan lidah anda dan keluarga.

Pada variasi brownies kukus sederhana diperlukan cokelat, kecuali varian ketan hitam. Cokelat merupakan sebutan untuk olahan dari biji kakao (Theobroma cacao). Cokelat memiliki kandungan alkaloid seperti fenetilamina, teobromin dan anandamida yang dapat menimbulkan efek fisiologis bagi tubuh. Kandungan-kandungan tersebut sering kali dikaitkan dengan tingkat serotonin di dalam otak. Bahkan menurut ilmuwan, cokelat yang dikonsumsi teratur dalam jumlah normal dapat menurunkan tekanan darah.

Bila anda menggunakan cokelat hitam untuk resep brownies kukus lapis coklat, tentu juga akan merasakan manfaatnya. Ya, karena cokelat hitam yang dikonsumsi dengan jumlah sedang dapat menguntungkan bagi kesehatan, selain itu di dalamnya terdapat kandungan antioksidan yang bisa mengurangi pembentukan radikan bebas yang ada di dalam tubuh. Selain rasanya yang enak dan manis, ternyata cokelat memiliki kegunaan yang besar bagi kesehatan tubuh anda.



RESEP MILKSHAKE COKLAT 



Sudah coba minuman yang sangat lembut ini belom, paduan antara es krim dengan beberapa bahan lainnya yang menjadikan olahan minuman ini sangat manis dingin dan sangat lembut. Milkshake biasanya hadir dengan berbagai varian rasa yang beda-beda, ada milkshake strowberry, milkshake vanilla, milkshake coklat dan masih banyak rasa-rasa lainnya. Minuman ini bisa anda buat sebagai sajian istimewa yang sangat simpel sekali untuk dibuatnya, sehingga menjadikan minuman ini sangat banyak disukai oleh berbagai kalangan, baik itu sikecil ataupun orang dewasa. Karena caranya yang sangat simpel dan hasilnya pun tidak mengecewakan, pokoknya sangat enak sekali. Milkshake kali ini yang akan kita buat adalah milkshake coklat hitam atau mungkin bisa dibilang milkshake dark chocolate, kenapa menggunakan coklat hitam karena memang coklat hitam ini sangat pas sekali bila dijadikan jenis minuman yang dingin, selain rasa coklatnya yang kental ciri khas dari rasanya itu berbeda dengan yang lainnya. Bahan pembuatan milkshake coklat hitam ini adalah perpaduan dari susu dan juga coklat hitam dan juga bahan-bahan lainnya yang dijadikan pelengkap minuman segar ini. Bagaimana ingin mencoba minuman yang tidak ada tandingannya gak, yuk buat olahan milkshake dark chocolate kali ini. Untuk resep dan pembuatannya silahkan lihat dibawah ini.

Bahan-bahan Membuat Milkshake Coklat Hitam Lembut
  • Es krim 50 gram yang rasa coklat untuk campuran
  • 5 sendok makan bubuk coklat siap saji
  • 250 ml susu coklat cair kental, pilih kualitas bagus
  • 1 sendok teh bubuk vanilla siap saji
  • Coklat tabur untuk toping
  • Es batu yang sudah hancur
  • Air putih secukupnya
Cara Membuat Milkshake Coklat Hitam Lembut
  1. Masukan bubuk coklat siap saji, es krim coklat, dan susu cair coklat , kedalam blender, agar pembuatannya lebih mudah
  2. Tambahkan vanilla siap saji es batu yang sudah agak hancur, dan sedikit air agar nanti pengocokan semua bahannya lebih gampang
  3. Silahkan anda mulai memblender semua bahan yang telah dimasukan tadi dengan kecepatan yang sangat cepat agar hasil lebih maksimal
  4. Sambil menunggu milkshakenya selesai silahkan anda siapkan gelas saji atau cup untuk wadah penyajiannya
  5. kemudian angkat milkshake bila sudah halus semua bahan dan lembut, lalu tuang pada wadah yang sudah disiapkan
  6. tambahkan taburan toping coklat diatasnya, dan milkshake dark chocolate siap disajikan.

Bagai mana dengan milkshake dark chocolate atau milkshake coklat hitamnya, sangat menggiurkan bukan untuk dicoba, nah langsung saja dibuat yahh. Untuk taburan topingnya anda bisa menggunakan meses atau mungkin chip coklat atau coklat batang sekalipun. Terimakasih banyak sudah menyimak resep kali ini semoga berhasil.



PANCAKE COKLAT



a. Original Pancake
Bahan:

1. Tepung 1. 100 gram
2. 30 gram gula
3. 1 sendok makan tepung maizena
4. 1 sendok teh baking powder
5. Garam 5. 1/4 sendok teh
6. Telur
7. 100 ml susu
8. 1 sendok makan minyak zaitun atau susu nabati

Cara membuat:

1. Campur tepung terigu, gula, tepung maizena, garam dan baking powder dalam mangkuk. Kemudian, aduk dengan baik
2. Kocok telur dalam mangkuk terpisah, tambahkan susu dan aduk hingga. Masukan campuran tepung secara bertahap (3-2 tahap), aduk. Masukan minyak zaitun dan aduk lagi tapi Anda tidak harus aduk terlalu lama. Tutup mangkuk dengan wadah plastik dan biarkan itu untuk sekitar 10 menit, aduk lagi ketika Anda akan memasak.
3. Panaskan wajan datar.
4. Tuang adonan sendok di wajan dan biarkan menjadi bentuk bulat. Memasak dengan menggunakan api kecil sampai gelembung dalam pancake dan warna kecoklatan di bawahnya muncul. Mengubahnya dengan spatula, angkat jika dimasak. Sajikan dengan berbagai topping, seperti sirup keju, madu atau yang lain.

b. Keju, cokelat, dan susu Pancake

Bahan:


Tepung 1. 250 gram
2. 2 butir telur
Margarin 3. 2 sendok makan
4. 4 sendok makan gula
5. segelas susu
6. segelas air
7. 1/2 sendok teh baking powder
Taburan

1. Cokelat
2. Keju
3. Manis susu


Cara membuat:

1. Siapkan mangkuk untuk adonan kemudian dimasukkan tepung, gula, susu cair, baking powder, telur dan margarin cair, aduk sampai tercampur dengan baik. Tuang air dan aduk lagi sampai sedikit encer dan lembut, dan tidak ada lagi gumpalan.
2. Panaskan wajan dengan api kecil. Dengan menggunakan sendok, tuangkan adonan ke dalam panci dan biarkan menjadi bentuk bulat pada panci. Angkat pancake jika dimasak dan gelembung kecil yang timbul di permukaan. Ulangi langkah ini lagi untuk membuat pancake.
3. Penyajian: Susun pancake satu per satu, tuangkan susu manis, menyebarkan cokelat dan keju, lalu meletakkan pancake lain di atasnya lagi. Mengaturnya seperti yang Anda inginkan.

c. Red Bean Pancake

Bahan dari pancake:

1. 4 butir telur
2. 200 ml susu
3. 1/4 sendok teh vanili pasta
4. Tepung 4. 250 gram
5. 2 sendok teh baking powder
6. 75 gram gula
7. 50 gram oatmeal
8. Garam 8. 1/2 sendok teh



Bahan isi:

1. 100 gram kacang merah rebus
2. 100 gram gula
3. 250 ml santan dari 1/2 kelapa
4. 2 lembar pandan
Garam 5. 1/2 sendok teh
Margarin 6. 1 sendok makan
7. 20 gram cokelat bubuk

Cara membuat:

1. Isi: masak kacang merah, gula, santan, pandan, dan garam sambil diaduk dan sampai tercampur dengan baik. Tambahkan margarin. Aduk lagi. Angkat.
Telur 2. Mix, susu, dan pasta vanili. Mengalahkan itu.
3. Ayak tepung dan baking powder. Tambahkan gula, oatmeal dan garam. Aduk sampai tercampur dengan baik. Tuangkan campuran telur. Aduk lagi
4. Panaskan wajan datar kecil. Tuangkan 1 sendok makan adonan. Biarlah bentuk bulat. Mengubahnya dan angkat.
5. Ambil selembar pancake. Tuangkan konten, dan kemudian tutup lagi dengan pancake.


MEMBUAT ES KRIM COKLAT

Keren, lezat es krim cokelat dengan sedikit kayu manis. Resep ini diciptakan lama tapi harus tetap sesuai dengan selera modern.

Bahan bahan:

1 liter krim
1 liter susu, gunakan susu untuk kekayaan tambahan
1/2 pon gula
4 ons cokelat
1 sendok teh vanili atau 1/4 dari kacang vanili



Langkah-langkah:
1. Parut cokelat.
2. Tempatkan cokelat parut ke dalam double boiler.
3. Tambahkan susu.
4. Campur dan masak sampai panas.
5. Tambahkan 1 liter krim, gula, vanili dan kayu manis untuk campuran dalam double boiler
6.
Tambahkan Chill
7. Bekukan di pembuat es krim.
8. Cambuk liter krim yang tersisa hingga kaku.
9. Lepaskan dasher dari pembuat es krim.
10. Lipat di whipped cream
.
11. Bekukan sampai siap
.
12.
Bisa disantap untuk sekitar 10 orang



Selamat Mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar