Senin, 05 Oktober 2015

Gemuk Karena Coklat? Benar atau Salah?

Siapa yang tak suka coklat?  Makanan ini bukan saja menjadi favorit anak-anak, namun remaja, dewasa bahkan lanjut usiapun banyak yang menyukainya.  Tidaklah mengherankan karena coklat yang tergolong dalam gula-gula karena manisnya ini memiliki rasa yang khas dan membuat sebagian besar wanita suka memakannya.
Coklat yang beredar di pasaran bermacam-macam jenisnya, ada yang murah dan ada juga yang mahal.  Makanan ini dijadikan salah satu gift wajib oleh para anak muda pada kekasihnya di hari kasih sayang, karena coklat dan wanita seolah dua hal yang tak terpisahkan.  Namun tahukah anda bahwa tak sedikit wanita yang menghindarinya dengan alasan takut gemuk?  Memang banyak mitos yang beredar tentang makanan ini, ada yang mengatakan bahwa coklat dapat membuat tubuh menjadi gemuk bila terlalu sering mengkonsumsinya karena kandungan gula dan lemaknya, namun benarkah coklat bikin gemuk?
Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang dokter dari Amerika Serikat, Dr. Beatrice Golomb ternyata komposisi kalori dalam coklat memiliki pengaruh penting dalam peningkatan berat badan.  Kalori dan kandungan nutrisi dalam coklat akan merangsang metabolisme tubuh untuk bekerja lebih keras, sehingga proses pembakaran lemak lebih sempurna.
Penelitian yang dilakukan pada 927 responden yang terdiri dari pria dan wanita ini memberikan hasil yang cukup mengejutkan, karena ternyata responden yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi memiliki indeks massa tubuh yang lebih ringan bila dibandingkan responden yang jarang atau tidak mengkonsumsi coklat.  Artinya bahwa coklat tidak berpengaruh terhadap kenaikan berat massa tubuh.  Bahkan penelitian ini justru menujukkan bahwa kandungan epicatechin dalam coklat dapat meningkatkan jumlah mitokondria yang bertugas melakukan pembakaran. Epicatechin inilah yang berperan dalam menurunkan berat badan.
Jadi terjawab sudah pertanyaan benarkah coklat menaikkan berat badan dan dapat disimpulkan bahwa korelasi coklat dengan kenaikan berat badan hanyalah mitos.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut ternyata mengkonsumsi coklat justru memberi pengaruh positif dalam program diet atau program menurunkan indeks massa tubuh.  Sehingga dengan demikian anda tidak perlu lagi khawatir bahwa tubuh akan menjadi gemuk karena mengkonsumsi coklat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar